انوار اذن لها فى الوصول و انوار اذن لها فى الدخول
ADA CAHAYA YANG HANYA DIIZINKAN الله UNTUK SAMPAI KE HATI
DAN ADA PULA CAHAYA YANG DIIZINKAN الله UNTUK MASUK KE HATI. [204]
ربما وردت عليك الانوار فوجدت القلب محشوا بصور الاثار,
فارتحلت من حيث نزلت
BOLEH JADI CAHAYA-CAHAYA MENDATANGIMU NAMUN MENEMUKAN HATI
MASIH DIPENUHI DENGAN HAL-HAL DUNIA MAKA CAHAYA-CAHAYA ITU KEMBALI KE TEMPAT
SEMULA.[205]
فزغ قلبك من الاغيار يملاءه بالمعارف و الاسرار
KOSONGKAN HATIMU DARI SEGALA SESUATU SELAIN الله,
MAKA الله AKAN
MEMENUHINYA DENGAN MAKRIFAT DAN RAHASIA.[206]
لا تستبطئ منه النوال
ولكن استبطئ من نفسك وجود
الاقبال
JANGAN ANGGAP KARUNIA الله-LAH YANG LAMBAT,
TETAPI ANGGAPLAH BAHWA ENGKAULAH YANG LAMBAT MENERIMANYA.
[207]
حقوق فى الاوقات يمكن قضاؤها و حقوق الاوقات
لا يمكن قصاؤها. اذ ما من وقت يرد الا و لله عليك
فيه حق جديد و امر اكيد,
فكيف تقضى فيه حق غيره و انت لم تقض حق الله فيه
ADALAH MUNGKIN UNTUK MELAKSANAKAN BEBERAPA KEWAJIBAN DALAM
SATU WAKTU, NAMUN TAK MUNGKIN UNTUK MENUNAIKAN KEWAJIBAN-KEWAJIBAN [DARI] SETIAP
SAAT. PASALNYA, الله MEWAJIBKANMU
KEWAJIBAN YANG BARU ATAU PERINTAH TERTENTU SETIAP WAKTU . LALU BAGAIMANA ENGKAU
BISA MEMENUHI HAK ORANG LAIN SEMENTARA ENGKAU BELUM MEMENUHI HAK الله DALAM SETIAP
WAKTU ITU? [208]
ما فات من عمرك لا عوض له,
و ما حصل لك منه لا قيمة له
BAGIAN HIDUPMU YANG TELAH BERLALU TAK DAPAT TERGANTIKAN,
DAN APA YANG ENGKAU PETIK DARINYA TAK TERNILAI HARGANYA.
[209]
ما احببت شئا الا كنت له عبدا,
وهو لا يحب ان تكون لغيره
عبدا
TIDAKLAH ENGKAU MENCINTAI SESUATU PASTI MENJADI ABDINYA DAN
DIA TIDAK SUKA BILA ENGKAU MENJADI ABDI SESUATU SELAIN-NYA. [210]
لا تنفعه طاعتك, و لا تضره معصيتك.
و انما امرك بهذه و نهاك
عن هذه لما يعود عليك
KEPATUHANMU TIDAKLAH BERGUNA BAGI-NYA
DAN KEMAKSIATANMU PUN TIDAKLAH BERBAHAYA BAGI-NYA.
DIA MENYURUHMU BERBUAT INI DAN MELARANGMU BERBUAT ITU DEMI
KEPENTINGANMU [211]
لا يزيد فى عزة اقبال من اقبل عليه,
ولا ينقص من عزه ادبار من
ادبر عنه
KEMULIAAN-NYA TIDAK BERTAMBAH KETIKA SESEORANG MENDEKAT
KEPADA-NYA
DAN KEMULIAAN-NYA JUGA TIDAK BERKURANG KETIKA SESEORANG
MENJAUH DARI-NYA [212]
وصولك الى الله وصولك الى العلم به,
و الا فجل ربنا ان يتصل به شئ او يتصل هو بشئ
SAMPAIMU KEPADA الله ADALAH SAMPAIMU KEPADA ILMU TENTANG-NYA. JIKA TIDAK DEMIKIAN,
MAKA MAHA SUCI الله DARI
BERSAMBUNG DENGAN SESUATU ATAU BERSAMBUNG SESUATU DENGAN-NYA. [213]
قربك منه ان تكون مشاهدا لقربه,
والا فمن اين انت ووجود قربه
KEDEKATANMU DENGAN-NYA ADALAH KALAU ENGKAU MERENUNGKAN
KEDEKATAN-NYA KEPADAMU. KALAU TIDAK DEMIKIAN, MAKA DARIMANA KESEBANDINGAN
ANTARA ENGKAU DAN ADANYA KEDEKATAN-NYA. [214]
الحقائق ترد فى حال التجلى مجملة
وبعد الوعى يكون البيان.
فاذا قراءنه فاتبع قراءنه ثم علينا بيانه
HAKIKAT-HAKIKAT BATIN MUNCUL PADA KONDISI TAJALLI SECARA
SINGKAT, NAMUN PENJELASANNYA MUNCUL SETELAH KESADARAN. ’APABILA KAMI SELESAI
MEMBACAKANNYA, MAKA IKUTILAH BACAANNYA. KEMUDIAN, SESUNGGUHNYA PENJELASANNYA
ADALAH TANGGUNGAN KAMI QS.75[18-19]. [215]
متى وردت الواردات الالهية عليك هدمت العوائد عليك.
ان الملوك اذا دخلوا قرية افسدوها
BILA DATANG INSPIrASI ILAHIAH KEPADAMU, MAKA IA AKAN
MENGHANCURKAN KEBIASAN-KEBIASAANMU. [216]
‘SESUNGGUHNYA RAJA-RAJA ITU, KETIKA MASUK KE SUATU KAMPUNG,
TENTU MERUSAKNYA QS.27[34].
الوارد ياءتى من حضرة قهار,
لاجل ذلك لا يصادمه شئ الا
دمغه.
بل يقذف بالحق على الباطل فيدمغه فاذا هو زاهق
INSPIRASI QOLBU BERASAL DARI HADIRAT YANG MAHAKUASA. KARENA
ITU, TIDAKLAH SESUATU BERHADAPAN DENGANNYA MELAINKAN DIMUSNAHKANNYA.
‘SEBENARNYA KAMI MELEMPARKAN YANG HAK KEPADA YANG BATIL LALU YANG HAK ITU
MENGHANCURKANNYA, MAKA DENGAN SERTA MERTA YANG BATIL ITU LENYAP. QS.21[18]
[217]
كيف يحتجب الحق بشئ والذى يحتجب به
هو فيه ظاهر و موجود حاضر
BAGAIMANA KEBENARAN DAPAT TERALINGI OLEH SESUATU
PADAHAL DIA ITU TAMPAK, ADA DAN HADIR
DALAM APA YANG MENGALINGI-NYA.[218]
لاتيئس من قبول عمل لم تجد فيه وجود الحضور,
فربما قبل من العمل ما لم تدرك ثمرته عاجلا
JANGAN BERPUTUS HARAPAN TERHADAP DITERIMANYA AMAL YANG
ENGKAU LAKUKAN TANPA KESADARAN AKAN KEHADIRAN الله. BOLEH JADI الله MENERIMA SUATU AMALAN MESKIPUN BUAHNYA
TIDAK SEKETIKA ENGKAU RASAKAN.[219]
لا تزكين واردا لا تعلم ثمرته.
فليس المراد من السحابة
الامطار,
وانما المراد منها وجود الاثمر
JANGAN SEKALI-KALI MENGANGGAP SEMPURNA SUATU INSPIRASI QOLBU
YANG BUAHNYA BELUM ENGKAU KETAHUI.
TUJUAN DARI BERGUMPALNYA AWAN BUKANLAH TURUNNYA HUJAN,
MELAINKAN TUMBUHNYA BEBUAHAN.[220]
لا تطلبن بقاء الواردات بعد ان بسطت انوارها عليك
و اودعت اسرارها فلك فى الله غنى عن كل شئ,
وليس يغنيك عنه شئ
JANGAN SEKALI-KALI MENUNTUT KELANGGENGAN INSPIRASI QOLBU
SETELAH CAHAYA-CAHAYA MELIMPAH KEPADAMU DAN MEMBEBERKAN RAHASIA-RAHASIANYA.
KARENA, ENGKAU BERADA DALAM KEKAYAAN الله YANG MENGGANTIKAN SEGALA SESUATU DAN
TIDAK SESUATU YANG MENGGANTIKAN KEBUTUHANMU KEPADA الله. [221]
No comments:
Post a Comment