Ulama Rabbani

Print Friendly and PDF

Abul Qa’qa’ Muhammad bin Shalih dalam kitab beliau yang berjudul كيف تتحمس لطلب العلم الشرعي؟,

إن مما يعين على التحمس لطلب العلم الشرعي, الجلوس مع أهل العلم الربانيين, و الحديث معهم, و سؤالهم عما أشكل عليك في أمري دينك, سواءً بالهاتف أو بالبريد أو عن طريق المقابلة الشخصية وجها لوجه, و كذا زيارتهم في بيوتهم و الحرص على مخالطتهم و القرب منهم و التودد إليهم, و ذلك أن مجالسة هؤلاء العلماء الربانيين و مخالطتهم يستفيد منها المرء فوائد عديدة من أهمها:
الجلوس مع العلماء الربانيين يقوي الإيمان و يرقق لقلب, و يشعل الهمة و يوقد الحماسة للطاعة, فينصرف المرء من مجالسهم و قد امتلأ قلبه إيمانا و يقينا, و قد تحركت همته لنصر هذا الدين.
مجالسة العلماء الربانيين و مخالطتهم تكشف لك مدى ما هم عليه من إخلاص لله و ورع و تقوي و زهد في هذه الدنتا الفانية, فتتمنى أن تكون مثلهم فيزيدك ذلك اجتهادا في تحصيل العلم


Sesungguhnya duduk bersama ulama rabbani bisa memotivasi semangat menuntut ilmu syar’i. Berbicara dengan mereka, bertanya tentang sesuatu yang sulit dalam masalah agama, baik lewat telepon, surat, atau bertemu langsung. Begitu juga berkunjung ke rumah mereka, berusaha untuk selalu bersama mereka, dekat dan akrab dengan mereka. Karena seseorang yang duduk bersama ulama rabbani dan bergaul dengan mereka, akan mendapatkan faidah di antaranya:

Duduk bersama ulama rabbani akan menguatkan keimanan dan melembutkaan hati, membakar semangat dan memotivasi untuk melakukan ketaatan. Setelah seseorang bergaul dengan mereka, hatinya akan dipenuhi keimanan dan keyakinan. Semangatnya akan tergerak untuk membela agama ini.

Duduk bersama ulama rabbani dan bergaul dengan mereka akan memperlihatkanbetapa ikhlas, wara’, takwa, dan zuhud mereka kepada dunia. Sehingga Anda berharap agar bisa seperti mereka. Itu akan menambah semangat Anda untuk belajar ilmu.

Sumber : Hilyatul Auliya

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment