Deliberate Practice Mengenal Kaidah 10.000 Jam

Print Friendly and PDF

BAGAIMANA cara mudah untuk meraih kesuksesan? Sering sekali banyak pertanyaan tentang bagaimana meraih kesuksesan dengan cara yang mudah di saat saya membawakan seminar dantraining. Ada juga yang bertanya, sebenarnya untuk meraih kesuksesan itu mana yang lebih penting, bakat atau latihan?

Seringkali karena kita iri terhadap kesuksesan orang lain kita sering menganggap bahwa kesuksesan seseorang itu ditentukan dari lahir dan memang sudah bakatnya. Saya ingin berbagi tentang dua paragraf yang saya temukan di buku outliers, yang ditulis oleh Malcolm Gladwell. Buku ini sudah masuk dalam daftar international best seller.


“Kesuksesan adalah bakat ditambah latihan. Masalahnya dalam penelitian psikolog saat ini terhadap peran bakat terhadap pengembangan karier, justru semakin kecil peranan bakat bawaan dan semakin besar peran dari sebuah latihan.”

“Gambaran yang muncul dari penelitian ini adalah perlunya latihan selama 10.000 jam untuk memperoleh keahlian yang dibutuhkan demi menjadi ahli kelas dunia – dalam hal apapun.” – Tulis ahli saraf Daniel Levitin. “Dalam berbagai penelitian terhadap komponis, pemain basket, ski, musikus, pianis konser, pemain catur, dan apapun pekerjaan Anda, angka inilah yang selalu muncul berulang kali. Belum ada yang menemukan seseorang menjadi kelas dunia dengan waktu latihan yang sedikit. Sepertinya otak memerlukan waktu selama itu untuk menyerap seluruh informasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang ahli dalam bidang tersebut.”

Menarik mengetahui bahwa memang sebenarnya setiap manusia memiliki kecerdasan genetik yang unik sendiri-sendiri. Jika ditambah dengan latihan 10.000 jam dan sesuai dengan kecerdasan genetik yang kita miliki, bisa jadi 10.000 jam ini lebih cepat kita tempuh. Nah, jika ingin sukses, menjadi seorang expert,terlihat di sana bahwa tidak ada jalan pintas.

Jika kita menentukan ingin menjadi penulis atau pebisnis, misalnya dan belajar satu jam per hari maka memerlukan waktu 10.000 hari dan akan menghabiskan waktu 27 tahun. Jika mengalokasikan 3 jam per hari, maka akan menjadi seorang ahli selama 10 tahun. Ingat di sini bahwa kita harus fokus terhadap apa yang ingin kita tingkatkan.

Latihan pun bukan sembarang latihan, tetapi deliberate practice, sebuah latihan yang disusun dengan peningkatan demi peningkatan, sehingga 10 tahun yang ditempuh bukanlah pengalaman satu tahun yang diulang 9 tahun berikutnya.

Jadi, jika memang kita ingin benar-benar menjadi seorang ahli untuk menjadi sukses pasti ada yang harus ditempuh. Tidak ada sukses yang diambil melewati jalan pintas. Seandainya pun ada, tidak tahan lama.

Saya jadi merenung jika kemudian saya mencoba untuk menulis artikel di blog setiap hari selama 1 jam, berapa waktu yang saya perlukan untuk menjadi seorang expert?

Sumber : http://arryrahmawan.net

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment